Powered By Blogger

Senin, 07 Desember 2009

Apakah Blog itu ?

December, 2009

blog22

blog

Berjuta blog sekarang terdapat di internet, mulai dari membicarakan makanan sampai artis, dari pengalaman remaja hingga kritik kehidupan. Definisi Blog sendiri adalah suatu catatan atau tulisan yang terdapat di jaringan internet, sedangkan kegiatan untuk membuat dan mengupdate blog disebut blogging, dan orang yang melakukan blogging disebut dengan blogger.

Blog dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Personal Blog dan Corporate Blog.
1. Personal Blog
Personal blog adalah blog yang dibuat oleh personal. Umumnya blog yang ada di internet adalah personal blog.
2. Corporate Blog
Blog yang dibuat untuk keperluan perusahaan. Corporate blog biasanya digunakan untuk 2 keperluan, yaitu untuk keperluan internal seperti untuk keperluan komunikasi atau budaya perusahaan; dan untuk keperluan eksternal seperti marketing, branding, public relation.

Apakah Blog cocok untuk aku ?
1. Apakah Anda suka menulis ?
Membangun blog berarti Anda harus rajin menulis article. Apabila Anda tidak suka menulis berarti Anda kemungkinan besar tidak akan suka blogging.

2. Apakah gaya komunikasi Anda lebih baik dalam menulis atau berbicara ?
Manusia rata-rata mempunyai kesukaan dalam berkomunikasi, ada yang nyaman dengan berbicara dan ada yang lebih nyaman untuk menulis. Jika Anda termasuk yang suka menulis, blog sangat cocok untuk Anda. Jika Anda suka berbicara, Anda akan menyukai Podcasting, atau Anda dapat menggunakan fasilitas blog dengan mengupload video, dsb

3. Apakah Anda termasuk orang yang disiplin ?
Menjadi blogger, berarti Anda harus rajin menulis artikel. Apalagi jika Anda ingin blog Anda dikenal masyarakat, Anda harus rajin mengupdate blog Anda. Jika Anda tidak rajin, orang akan bosan dengan blog Anda.

4. Apakah Anda tahan malu ?
Menulis blog berarti membiarkan masyarakat dunia tahu cara berpikir Anda, gaya Anda dan sebagainya. Ada yang menyukai dan tentu saja ada yang tidak suka. Anda harus tahan malu jika dikritik oleh mereka yang tidak suka akan blog Anda.

5. Apakah Anda seseorang yang suka belajar ?
Artinya Anda harus rajin belajar untuk mengupdate pengetahuan Anda dan untuk men-share hal tersebut ke masyarakat.

6. Apakah Anda menyukai ‘hubungan virtual’ ?
Mempunyai blog, akan membentuk suatu komunitas dunia maya, dimana orang memberikan komentar,pendapat terhadap blog Anda, tanpa Anda ketahui fisik orang tersebut. Jika Anda enjoy terhadap situasi ini, maka Anda akan tidak akan menemui kesulitan dalam dunia blog.

7. Apakah Anda pekerja keras ?
Jika Anda ingin membangun blog yang sukses, Anda perlu bekerja keras untuk mengiklankan blog Anda. Tidak ada istilah blog akan sukses tanpa bersusah-payah. Untuk membangun blog yang sukses diperlukan waktu, bukan pekerjaan semalam.

blog

blog


Bagaimana membuat desain blog yang baik ?
1. Isi blog harus menjadi yang utama.
Orang datang ke blog Anda untuk mendapatkan informasi, memberikan pendapat dan sebagainya. Jadi Anda harus menekankan pada isi untuk menarik pengunjung. Desain blog sebaiknya sederhana.

2. Navigasi
Pengunjung umumnya datang ke blog Anda bukan dari halaman utama, tapi dari salah satu tulisan yang ada, melalui search engine, link dari blog yang lain, RSS feed, dan lainnya. Karenanya sangat penting jika Anda bisa memberikan navigasi kepada artikel lain dalam blog Anda. Atau Anda bisa menggunakan menu Recent Post, Popular Post, dan lainnya.

3. Waktu yang cepat untuk upload
Jika orang tertarik dengan artikel Anda dan ingin membacanya, tapi untuk membuka blog Anda diperlukan waktu upload yang lama, maka orang tersebut secara tidak segan-segan akan membatalkan ketertarikannya untuk membuka blog Anda. Karenanya adalah bijaksana untuk tidak menggunakan terlalu banyak widget yang akan membuat loading blog Anda menjadi berat.

4. Mudah diingat oleh pengunjung
Anda harus membuat blog yang unik dan berbeda dengan blog yang lain untuk membuat orang ingat akan blog Anda. Sebaiknya Anda menggunakan theme atau latar belakang yang unik, yang bisa Anda modifikasi sendiri.

5. Dapat diakses oleh bermacam-macam browser.
Rata-rata orang menggunakan browser yang berbeda-beda saat menggunakan internet. Blog Anda harus dapat dibuka oleh berbagai browser.

Dalam membuat sesuatu, tentunya perlu ada pengukuran akan kesuksesannya. Begitu juga dengan blog. Blog dikatakan sukses jika :
1. Banyak Komentar
Suatu tulisan bisa dikatakan sukses jika banyak komentar yang menanggapi tulisan tersebut. Biasanya komentar-komentar ini akan membangun suatu komuniti.

2. Unique Visitor
Apakah jika tidak ada komentar, maka tulisan itu dikatakan tidak sukses ? Tidak juga. Ada beberapa tulisan yang informatif yang tidak memerlukan banyak komentar untuk mengindikasikan bahwa tulisan itu sukses. Kita bisa melihatnya secara ‘back door’ melalui banyaknya unique visitor. Unique visitor adalah pengunjung unik yang datang ke blog kita. Biasanya ada software tertentu yang memberikan informasi mengenai statistik unique visotor blog kita.

Bagaimana supaya blog kita sukses ?
1. Gunakan keyword
Agar blog kita dapat dibaca oleh search engine, gunakan kata-kata yang tepat yang akan dipakai oleh orang untuk mencari, misalnya definisi blog, bisnis batik, kerja di singapore, dan lainnya.

2. Rajin untuk menge-post artikel
Anda harus rajin mengupdate blog Anda dengan artikel baru, dan item baru lainnya, sehingga para pengunjung tidak bosan untuk mampir ke blog Anda dan Anda bisa menciptakan pengunjung yang setia.

3. Kriteria Artikel
Banyak pendapat mengenai jumlah karakter dalam blog. Ada yang berpendapat artikel yang baik adalah yang berjumlah sekitar 500 karakter. Ada yang berpendapat 1000 karakter, bahkan ada yang berpendapat 5000 karakter. Artikel yang baik adalah yang memberi informasi dan tidak membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar